Minggu, 16 Desember 2012

Pelatihan Orang Tua Sholeh oleh Ikatan Guru Kelompok Bermain Aisyiyah Temanggung

Melihat kecenderungan dewasa ini, banyak sekali kurang kesadaran bahwa perilaku anak banyak disebabkan dan bersumber dari perilaku orang tua. Tidak ada anak yang terlahir untuk merusak masa depannya sendiri. Sehingga keluarga merupakan aset yang sangat penting untuk melahirkan generasi bangsa yang lebih baik, sehingga orang tua selaku pendidik dirumah sudah sewajarnya jika harus dibekali dengan pengetahuan yang baik tentang pendidikan terhadap anak.
Menyadari pentingnya orangtua yang mempunya pengetahuan tentang mendidik anak dirumah, maka Ikatan Guru Kelompok Bermain Aisyiah Temanggung bekerjasama dengan Auladi Parenting School menyelenggarakan Pelatihan Orang Tua Sholeh di Aula SMK Muhammadiyah I Temanggung pada tanggal 15-16 Desember 2012. Peserta yang mengikuti sebanyak 86 orang peserta laki-laki dan perempuan dari anggota Ikatan Guru Kelompok Bermain Aisyiah Temanggung, karyawan Amal Usaha Muhammadiyah di Temanggung dan masyarakat umum. Guna membuat suasana pelatihan lebih serius dan nyaman, maka Aula SMK Muhammadiyah I Temanggung di dekorasi sehingga serasa di aula hotel lengkap dengan AC , sound sistem dan LCD Projector.
Acara pembukaan dilakukan oleh Bp. Saridjo, selaku Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung dan sambutan oleh Ibu Eny Zuhriyah selaku Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Temanggung. Dalam dua hari kegiatan selalu di mulai pukul 07.30 sampai 18.00. Untuk menjadi peserta dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000,- dengan mendapat seminar kit, modul dan konsumsi.
Auladi Parenting School merupakan lembaga yang berpengalaman mengisi pelatihan di depan ribuan orang di 20 propinsi, lebih dari 70 kota di Indonesia yang dipimpin oleh Bp. Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari dan berkantor di Komplek Ruko Duri Dago Kav. 19 Bandung (www.auladi.org). Bp. Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari merupakan National Master Trainer Sekolah Orangtua PSPA (Program Sekolah Pengasuhan Anak) yang telah menulis buku Best Seller “Sudahkah Aku Jadi Orangtua Shalih?” Penerbit Khazanah Intelektual dan “Yuk-Jadi Orangtua Shalih” Penerbit Mizan. Juga berpengalaman mengisi seminar online untuk orang-orang Indonesia di luar negeri seperti Jerman, Jepang, dan lainnya.
Dalam paparannya Bp. Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari menyampaikan Program Sekolah Pengasuhan Anak (PSPA) yang membahas tentang sikap dan perilaku orang tua yang dapat menghambat perkembangan anak, prinsip dasar membuat anak patuh kepada orang tua tanpa disertai kekerasan , tanpa membuang energi sia-sia dengan hasil yang optimal, teknik- teknik mendengar mendengarkan pendapat anak yang efektif yang dapat mendukung jiwa dan mental anak, teknik-teknik komunikasi dalam keluarga yang dapat menimbulkan inisiatif dan rasa saling menghormati dan saling mendukung. Selain materi PSPA juga disampaikan Program Disiplin Anak (PDA), Karunia Cinta Remaja (KCR) dan Parents as Teacher (PAT).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar