Minggu, 23 September 2012

Sosialisasi dan Pendirian BTM Surya Amanah di Temanggung



 Menjadi tonggak sejarah baru dalam persyarikatan Muhammadiyah di Temanggung, pada tanggal 23 September 2012 bertempat di Aula SMK Muhammadiyah I Temanggung telah disepakati bersama antara PDM Temanggung dan seluruh PCM , AUM Daerah dan Ortom Daerah untuk mendirikan Lembaga Keuangan Syariah di Temanggung dengan nama Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Surya Amanah. Kesepakatan ini dilakukan dalam acara Sosialisasi dan Pendirian BTM di Temanggung yang diselenggarakan oleh Mejelis Ekonomi dan Kewairausahaan (MEK) Daerah Muhammadiyah Temanggung. Acara tersebut dilaksanakan merupakan amanat dari hasil Musyda Muhammadiyah Temanggung dan rekomendasi hasil Seminar :” Menggerakkan Ekonomi Islam melalui Lembaga Keuangan Syari’ah  tanggal 17 Juni 2012 yang diselenggarakan di RM. Kampung Sawah Temanggung.
Dalam acara Sosialisasi dan Pendirian BTM di Temanggung, dibuka oleh Ketua PDM Temanggung, H. Drs. Bisyron Muhtar, S.Ag yang menyampaikan pesan bahwa adanya lembaga keuangan syariah merupakan keharusan dan bukan mimpi lagi, karena merupakan tuntutan umat dan sangat menjanjikan dalam segi ekonomi. Acara dilanjutkan dengan sosialisasi pendirian koperasi oleh Bp. Ir. Joko Nyoto W dari Dinas Perindustrian, Perdagangan , Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, yang menjelaskan tentang syarat-syarat mendirikan badan hukum koperasi. Pemaparan selanjutnya oleh Drs. Achmad Sud,M.Si. dari Pusat BTM Jawa Tengah. Dalam paparannya Drs. Achmad Sud,M.Si. menjelaskan tentang kelembagaan BTM serta manfaat BTM untuk percepatan pergerakan dakwah di persyarikatan Muhammadiyah.
Dalam sesi ke 2 yang dilaksanakan pada siang hari, acara dipimpin oleh Makruf Effendi,SE., Ketua MEK Daerah Muhammadiyah Temanggung , yang membuat kesepakatan dengan PDM, PCM, AUM dan Ortom untuk mendirikan BTM yang bernama Surya Amanah, susunan pengurus BTM Surya Amanah yaitu  H. Ir. Bambang Dewantoro (Ketua), Nurcholis (Sekretaris) dan H.Ir. Marjono (Bendahara)., susunan Dewan Pengawas Syariah adalah H. Drs. Asy’ari Muhadi,MA, Agus Effendi, M.Ag dan H. Drs. Sigit Purwanto,MM., dan struktur permodalan yang pada acara tersebut sudah masuk kesediaan ikut keanggotaan sebesar Rp. 200.000.000,- untuk modal BTM Surya Amanah dari PDM, PCM, AUM dan Ortom. Kedepan dengan adanya BTM Surya Amanah di Temanggung dapat membantu gerak dakwah Muhammadiyah dan dapat ikut mensejahterakan warga Muhammadiyah.
 
 
 

 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar