Jumat, 15 Juni 2012

Fadhilah Surat Yasin

 Oleh: Agus Efendi
Disampaikan pada Pertemuan Majlis Tarjih PDM Temanggung
di masjid Campursalam Parakan, Ahad Pon, 3 Juni 2012.

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurah atas Nabi terakhir Muhammad Shallallhu‟alaihiwasallam, keluarga besrta para shahabat beliau.   Al Qur‟an adalah  kalam  [firman, perkataan] Allah, dan keutamaannya atas segala perkataan seperti keutamaan Allah atas seluruh makhluk-Nya, dan membacanya adalah amalan paling utama yang di lakukan oleh lisan.

Pahala membaca al Qur’an
“..Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah [Al Qur‟an], maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya” (At Tirmidzi)

 Keutamaan mempelajari, membaca dan menghafalnya.
.  “…Orang yang mahir membaca al Qur‟an sedang ia  hafal dengannya maka ia bersama Malaikat yang suci mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al Qur‟an sedangkan ia senantiasa
melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala”
(Muttafaq‟alaih )
 
 Al Qur’an akan memberi syafaat kepada ahlinya di akherat
“Bacalah al Qur‟‟an, karena ia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafa‟at kepada ahlinya”  (Muslim)

Pahala bagi yang berkumpul untuk membaca dan mengkajinya
“Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah, sedang mereka membaca kitabNya dan mengkajinya sesama mereka,, mereka akan di limpahi ketenangan, di curahi rahmatNya, diliputi para Malaikat dan di sanjung di hadapan Allah di hadapan para makhluk yang ada di sisinya” (Abu Dawud).
 
Pahala bagi orang yang anaknya mempelajari al Qur’an
“Barangsiapa membaca al Qur‟an, mempelajarinya, mengamalkannya, maka akan di pakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan di kenakan kepada kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanyapun bertanya-tanya,‟bagaimana di pakaikan kepada kami semuanya itu‟, di jawab: ‟karena anakmu telah membawa al Qur‟an” (Hakim)
 
Demikian diantara janji Rasulullah terhadap orang-orang yang mau membacanya, mempelajarinya serta menghafalkannya.

Kelemahan Hadits Fadhilah Surat Yasin
Banyak diantara   kaum muslimin membiasakan membaca surat Yasin, baik pada malam Jum‟at, ketika mengawali atau menutup majlis ta‟lim, ketika ada atau setelah kematian dan pada acara-acara lain yang mereka anggap penting. Saking seringnya surat Yasin dijadikan bacaan di berbagai pertemuan dan kesempatan, sehingga mengesankan, Al-Qur‟an itu hanyalah berisi surat Yasin saja. Dan kebanyakan orang membacanya memang karena tergiur oleh fadhilah atau keutamaan surat Yasin dari hadits-hadits yang banyak mereka dengar, atau menurut keterangan dari guru mereka.
Al-Qur‟an yang di wahyukan Allah adalah terdiri dari 30 juz. Semua surat dari Al-Fatihah sampai An-Nas, jelas memiliki keutamaan yang setiap umat Islam wajib mengamalkannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar umat Islam senantiasa membaca Al-Qur‟an. Dan kalau sanggup hendaknya menghatamkan Al-Qur‟an  setiap  pekan  sekali,  atau sepuluh hari sekali, atau dua puluh hari sekali atau khatam setiap bulan sekali. (Hadist Riwayat Bukhari, Muslim dan lainnya).
  Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang kelemahan hadits-hadits yang membicarakan tentang fadhilah surat Yasin, baik dha‟if (lemah)  sekaliu. Diantaranya adalah:
 
Kajian lengkap Klik disini
 
                                                           

1 komentar:

  1. padahal ahmad dahlan yasinan dan tahlilan e pak bro

    BalasHapus