Senin, 09 Juli 2012

Ceria Athfal Hizbul Wathan (HW) Temanggung


 Hizbul Wathan atau biasa disebut HW merupakan gerakan kepanduan yangdikembangkan dilingkungan pendidikan Muhammadiyah. Gerakan Kepanduan HW merupakan gerakan yang mempunyai jati diri insan yang kuat imannya (mukmin), rajin ibadahnya (muslim) dan dapat dipercaya (amanah). Jati diri inilah yang terus dikembangkan dan dipupuk secara terus menerus dalam Gerakan Kepanduan HW mulai dari tingkat dasar ( SD/MI/Atfal) yang dikemas dalam kegiatan Ceria Athfal dengan tema : “Teguhkan hati, Rapatkan Barisan dan Eratkan Ukhuwah” di SMU Muhammadiyah I Temanggung pada tanggal 8 Juli 2012. Menurut Kwartir Daerah Hizbul Wathan Temanggung, Bp. Sobirun, S.Pd., kegiatan ini juga merupakan sarana pendidikan informal bagi Pandu Athfal dalam membentuk watak disiplin, kepemimpinan yang Islami dan pengembangan ilmu pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan.
Dari 24 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtida’iyah (MI) di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Temanggung, yang mengikuti kegiatan hanya 13 sekolah. Menurut salah satu pengurus Kwarda HW Temanggung, Muharrom, S.Ag, hal ini akan menjadikan evaluasi kegiatan sehingga pada bulan Oktober 2012 yang akan datang, semua sekolah bisa mengikuti acara Kemah HW, sehingga keberadaan HW bisa dicintai warga Muhammadiyah dan bisa menjadi salah satu wadah Kader Muhammadiyah. Dalam Ceria Athfal diselenggarakan beberapa lomba yang menarik, menyenangkan, menyehatkan serta dapat mempererat kebersamaan yaitu : 1. Lomba Tipas Balon, 2. Lomba yel-yel beregu, 3. Koor (paduan suara), 4. Pidato Bahasa Indonesia, 5. Pidato Bahasa Jawa, 6. Pentas seni.7. Tilawah
Penilaian lomba-lomba digabung dan nilainya diakumulasi semuanya. Sebagai Juara I adalah khafilah dari SD Muhammadiyah Temanggung yang mendapat nilai tinggi dari lomba yel-yel, pidato bahasa Indonesia , pidato bahasa jawa , kipas balon dan Koor. Sedangkan juara II dari khafilah SD Muhammadiyah Parakan, Juara III dari khafilah MI Tempuran Kaloran, juara harapan I dari khafilah MI Bolang, juara harapan II dari khafilah MI Ngadimulyo Kedu dan juara harapan III dari MI Purwodadi Tembarak.
 Lomba yel-yel
 Monitoring Dikdasmen
 
 Lomba koor
 Atraksi dan kreasi HW dalam lomba yel-yel
 
 Pidato bahasa jawa dari SD Muh. Temanggung

Panitia rapat rekapitulasi penilaian
 Pentas seni
 
 Lomba tilawah
 

 Istirahat siang, mandiri
Lomba Pidato bahasa Indonesia (pildacil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar