Sabtu, 21 Juli 2012

TAFSIR SURAT AL HASYR (59) ayat 3 - 9

Penjelasan Kitab :
Tafsir Al ‘Usyril Akhir  Minal Qur’anil Karim  Min Kitab Zubdatit Tafsir  (Tafsir dari 3 Juz terakhir dalam Al Qur’an),   Penulis   Al  Syaikh Doktor Muhammad Bin Sulaiman Al Asyqor, terbitan Saudi Arabia (www.tafseer.info) , Oleh Bp. H. Drs. Asy’ari Muhadi. MA (disampaikan dalam Kajian Malam Rabu Muhammadiyah Temanggung, 10 Juli 2012).


TAFSIR SURAT  AL HASYR (59)
(Pengusiran)

AYAT 3

 3.  Dan jika tidaklah Karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia dan bagi mereka di akhirat azab neraka.

Dan jika tidaklah Karena Allah  telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia,  artinya  seandainya Allah tidak menetapkan mereka (orang yahudi) keluar dari Madinah saat itu, dan Allah tidak menetapkan hukum pada mereka , sungguh Allah akan menyiksa mereka dengan pembunuhan, dihina di dunia ini. Sebagaimana Allah perbuatan terhadap Bani Khuraidoh yang keluar dari Kaibar.
Penjelasan :
Terhadap Bani Khuroidoh Rasulullah membuat ketetapan bahwa 1) mereka harus meninggalkan Khaibar dengan membawa barang sekuat unta, 2) jika mereka masih mau mengurusi perkebunan mereka diperbolehkan, dengan catatan biaya pengolahan ditanggung oleh orang yahudi, sedang jika membuahkan hasil dibagi dua dengan orang muslim. 3) Jika orang yahudi menyalahi perjanjian maka mereka akan di usir dengan paksa ,kalau melawan mereka boleh di bunuh.

AYAT 4
 4.  Yang demikian itu adalah kKarena Sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya. barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.

Yang demikian itu adalah  karena Sesungguhnya mereka menentang Allah dan Rasul-Nya, yaitu dikarenakan
permusuhan mereka terhadap Allah dan utusannya dan  karena mereka merusak perjanjian, maka mereka berhak mendapat hukuman.


Kajian lengkap Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar