Rabu, 04 Juli 2012

Penjelasan Kitab Minhajul Muslim 1

Di Sampaikan Oleh Bp. H. Makmun Pitoyo, M. Pd.
Dalam Kajian Malam Rabu di SMK Muhammadiyah I Temanggung
Tanggal 26 Juni 2012

Kitab Minhajul Muslim dari segi bahasa dapat berarti methode atau jalan yang ditempuh oleh seorang  muslim. Di  dalamnya membahas mengenai masalah Aqidah, etika (adab), Akhlak, Ibadah dan Muamalah (hubungan sesama manusia). Ditulis oleh Abu Bakar Jabir al Jazyakiri.
 
BAB I : AQIDAH
Pembahasan Pertama: Beriman Kepada Allah SWT Beriman Kepada Allah SWT merupakan hal yang sangat penting, kehidupan seorang muslim ada pada keimanan ini. Dialah Rabb segala sesuatu, pencipta langit dan bumi, serta segala sesuatu yang ada di atasnya dan apa yang ada di antara keduanya  . Dan iman itu adalah pokok-pokok bagi kehidupan orang muslim bagi kesempurnaan seorang muslim. 
 
Beriman Kepada Allah SWT
Seorang muslim beriman kepada Allah SWT dengan arti bahwa orang muslim itu membenarkan dengan wujudnya atau keberadaan Allah Yang Maha  Suci dan Maha Tinggi itu ada dan benar adanya. Dan sesungguhnya Allah Yang Maha Mulya dan Maha Tinggi itu kekuasaannya meliputi seluruh langit dan bumi. Allah itu Maha Mengetahui terhadap barang yang ghaib dan hal yang nyata.  Allah adalah Rabb seluruh makhluk dan malaikat, tiada  Tuhan selain Dia.  Dan sesungguhnya Allah yang Maha Tinggi disifati dengan sifat-sifat kesempurnaan. Semua itu dapat dijelaskan dengan dalal Naqli dan’Aqli.
 
Penjelasan ;
Dalam kajian terdahulu di sampaikan bahwa tetesan air hujan, setiap tetesnya di bawa  oleh malaikat sampai tempat tujuannya seperti yang diperintahkan Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa hujan itu barang nyata, tetapi dimana dan kapan turunnya merupakan barang ghoib, karena sudah diperintahkan atau ditakdirkan olah Allah. Dalam suatu riwayat diceritakan bahwa setelah hari  kiamat, matahari dan bulan dimasukkan ke dalam neraka, sebagai gambaran / penegasan untuk orang – orang yang di dunia menyembah matahari dan bulan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar