Jumat, 13 Juli 2012

Pesantren Anak dan Remaja 2


Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) menyelenggarakan lagi Pesantren Anak dan Remaja (PAR) dalam mengisi libur panjang tahun ini. PAR yang diselenggarakan ini merupakan kedua kalinya setelah dirintis tahun 2012. Tempat penyelenggaraan masih di PAY Muhammadiyah Putri Kowangan Temanggung, mulai tanggal 30 Juni hingga 5 Juli 2012. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan libur sekolah untuk kegiatan yang bermanfaat, dan dapat mendalami ilmu keislaman dengan menyenangkan.
Untuk PAR 2 ini diikuti oleh 30 orang anak (santri) setingkat Sekolah Dasar (SD / MI) yang berumur antara 6-12 tahun, yang berasal dari SD Muhammadiyah I Temanggung, SD Muhammadiyah I Parakan, MI Bejen dan dari masyarakat umum dan didampingi oleh pemandu sebanyak 40 orang dari tinggatan SLTP sampai SLTA yang berasal dari SMK Muhammadiyah I Temanggung, MA Al Mu’min Tembarak, SMK Al Mu’min Selopampang, MTs. Al Mu’min Tembarak, SMP Muhammadiyah Temanggung, SMP Muhammadiyah Ngadirejo, SMK N I Temanggung dan Santri PAY Muhammadiyah.
Dalam kegiatan PAR para santri diberi materi Aqidah, Ibadah, Akhlaq, Outbond, Games, Gerakan Membaca, Cerita Teladan, DOngeng Anak, Tilawah, Tahfidzul Qur’an (menghafal Al Qur’an) dan Qultum. Materi tersebut diberikan dengan model diskusi dan bermain sehingga menyenangkan bagi santri. Untuk kegiatan Outbond dilaksanakan Sengon Pandak Kembangsari Kandangan dengan mempraktekkan beberpa permainan seperti Spider Web, Naga Bonar, Pipa Bocor, Anak Penguin, Balon Cerdas, Menjinakkan Bom, Prahu Naga dan lainnya. Dengan permainnan ini diharapkan para santri mendapat pengalaman langsung tentang kerjasama tim, kepemimpinan, pemecahan masalah, berfikir cepat dan pengendalian emosi.
Untuk kegiatan keseharian seperti makan dan tindur dilakukan di Asrama PAY Muhammadiyah Putri Kowangan, sedang untuk mentoring dan diskusi dilakukan di tenda besar yang didirikan di depan Asrama PAY Muhammadiyah Putri Kowangan dan Mushola. Sedangkan untuk beberapa Games diselenggarakan di Taman Kartini Temanggung. Guna memperlancar kegiatan IPM membentuk kepenitiaan PAR 2 ini yang diketuai oleh Rofi’I dan dibantu oleh Sugiyono, Sulasmi, Syafi’I, Haryanto dan pengurus IPM lainnya.


Kegiatan Outbond
 

 Kegiatan Wisata di Bendungan Kembangsari Kandangan



Kegiatan keseharian

Kunjungan Ke Perpustakaan Daerah Kab. Temanggung


Kegiatan pembelajaran
 
  

Kegiatan Praktek Ibadah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar