Kamis, 23 Februari 2012

Shalat Isyraq

Oleh Bp. Agus Effendi, M.Ag
Kajian Tarjih, Ahad Pon, 19 Februari 2012, di Masjid Ar Rahmah Kranggan.

Dalam hadits tersebut Rasulullah menjelaskan tentang kedudukan shalat sunnah atas  shalat rawatib. Di antara sekianh shalat sunnah yang pernah di lakukan oleh Rasulullah adalah  shalat Isyraq.  
Pengertian.
Isyraq/syuruq,  berasal dari kata  syarq  yang maknanya timur, terbit, menerangi.  Sedangkan istilah "shalat  Isyraq" atau shalat  syuruq  sering disebut-sebut oleh para ulama  kalangan Asy-Syafi’iyah sebagaimana tertulis dalam kitab-kitab mereka terutama dalam kaitan  pembahasan shalat dhuha.

Keutamaan dan Hukum Shalat Isyraq
Shalat ini dinamakan Shalat Isyroq atau Syuruq  atau Thulu’. Dinamakan demikian karena  pelaksanaannya berkaitan dengan waktu matahari terbit (mulai memancarkan sinarnya). Hukum shalat Isyroq/Syuruq adalah Sunnah.  Keutamaannya: Orang yang melaksanakannya diberi pahala oleh Allah seperti pahala  haji dan umroh dengan sempurna. Adapun dalil yang menunjukkan keutamaan ini adalah hadits  berikut ini:

Kajian lengkap klik disini

7 komentar:

  1. Bolehkah di waktu dzikir tiba tiba kita kentut ,otomatis kita keluar dari masjid untuk ambil air wudhu lalu kembali masuk masjid baru mendirikan sholat isyroq?

    BalasHapus
  2. hbs sholat syuruq 2 rokaat trus di sambung dg dhuha bolehkah

    BalasHapus
  3. Bagaimana hukum sholat syuruq secara berjamaah?

    BalasHapus