Senin, 13 Agustus 2012

MEMPERBAHARUI KONSEP BERUKHUWAH DAN KEBERMANFAATAN DALAM RAMADHAN 1433 H

Agustus 2012/ Ramadhan tahun ini (2012/1433 H) PHBI (Panitia Hari Besar Islam) RS PKU Muhammadiyah Temanggung kembali menggelar serangkaian acara mengoptimalkan bulan penuh berkah ini. Memanfaatkan harapan akan perolehan pahala yang sebesar-besarnya, berbagai acara disusun saling sinergi satu dengan yang lain. Tema Ramadhan di RS PKU Muhammadiyah tahun ini adalah “Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah Dengan Mengoptimalkan Zakat, Infaq, Shodakoh “. Sesuai dengan tema ramadhan kali ini seluruh kegiatan dilaksanakan dengan optimalisasi zakat, infaq dan shodaqoh dari karyawan, pengurus, dan dokter di lingkungan RS PKU Muhammadiyah Temanggung serta sebagian dari dana RS. 
Diawali dengan kegiatan rutin membagi ifthor (buka puasa gratis) setiap hari di lingkungan RS, baik untuk keluarga pasien ataupun pengunjung secara umum, berbagi dengan anak yatim dan dhuafa di radius 5 KM lingkungan RS PKU Muhammadiyah Temanggung, santunan untuk anak yatim di PAY (Panti Asuhan Yatim) Muhammadiyah, Santunan Dhuafa di beberapa desa dan kajian rutin karyawan setiap hari selama bulan ramadhan, tilawah dengan target minimal katam 1 kali selama ramadhan dan kajian serta buka bersama masyarakat sekitar.
Acara terselenggara pada hari Sabtu, 11 Agustus 2012 bertepatan dengan hari ke 23 Ramadhan mulai jam 13.00 hingga 16.00 WIB di RS PKU Muhammadiyah Temanggung, dengan melibatkan 103 anak yatim dan dhuafa usia SD dan sebagian kecil usia SMP ini terselenggara dengan kerja sama yang baik dengan perangkat desa setempat. Pihak PHBI RS PKU Muhammadiyah Temanggung meminta data mengenai anak yatim dan dhuafa kemudian setelah terverifikasi mereka dihadirkan di acara tersebut. Kedatangan anak-anak ini (yang dijemput menggunakan bis milik SD Muhammadiyah) disambut dengan antusias oleh panitia PHBI, Ketua MPKU (Majelis Pembina Kesejahteraan Ummat) H. Chozin Chularyo (pemilik RM ANI) dan beberapa manajer rumah sakit.
Acara dibuka dengan pembacaan surat Al Ma’un berserta artinya yang dibacakan oleh duet kakak beradik Aisy dan Rifa anak salah karyawan di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Anak-anak ini dengan tetap ceria mengikuti serangkaian acara sepanjang siang hingga sore tersebut. Acara dibuka dengan mengenalkan mereka dengan profil RS PKU Muhammadiyah dan dilanjutkan dengan kajian anak yang disampaikan oleh ustadz Drs. H. Asy’ari Muhadi, MAg. Mereka dikenalkan dengan pentingnya sholat dan berdoa dalam kajian tersebut. Ustadz kemudian juga berusaha membangkitkan semangat anak-anak tersebut agar mereka termotivasi untuk tetap memiliki cita-cita yang tinggi meski saat ini masih berada dalam keterbatasan. Anak-anak yang semula tidak berani menyatakan cita-cita masa depan inipun kemudian menjadi lebih antusias ketika menjelang acara berakhir ditanya mengenai cita-cita mereka. Ada yang ingin menjadi dokter, pilot dan guru.Menjelang waktu sholat asar, anak-anak dipandu untuk hospital tour (berkeliling rumah sakit) dan menuju masjid al-Ashri Kalisat untuk sholat jama’ah.
Acara pun berakhir setelah semua anak mendapat bingkisan berupa tas sekolah, alat tulis, amplop uang saku dan snack untuk berbuka. Panitia yang dimotori oleh Ryan M Albar dan W Rony Sungkowo dengan sigap segera mengantarkan kembali anak-anak di ke desa/kampung masing-masing. 
 
Kontributor : Sekretaris Reguler PHBI Min Adadiyah/Mimin (minsudarno@gmail.com)
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar