Kamis, 23 Agustus 2012

Sholat Idul Fitri 1433 H di Halaman Komplek SETDA Kabupaten Temanggung


Pada tahun 2012, 1 Syawal 1433 H bertepatan dengan tanggal 19 Agustus 2012. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temangung menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1433 H di Halaman Komplek SETDA Kabupaten Temanggung yang dalam pelaksanaannya di tangani oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Muhammadiyah Temanggung. Secara teknis PHBI Muhammadiyah Temanggung mempersiapkan tempat mulai hari Sabtu 18 Agustus 2012 dengan kekuatan 25 orang dibantu dengan 10 anak dari PAY Muhammadiyah Putra Kertosari Temanggung.
Sebagai Imam dan Khatib adalah Bp. H. Taufiq Hartono dari PDM Temanggung. Dalam khotbah yang berjudul “ Memupuk Harapan Umat kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah “  Bp. H. Taufiq Hartono menyampaikan pentingnya perintah takbir dan dzikir seperti perintah Allah dalam Q.S. Al-Baqarah, 2: 185 : “Dan hendaklah kalian sempurnakan bilangan (hari di bulan Ramadhan) itu, dan agarlah kalian meng­a­gungkan Allah (deng­an bertakbir) seperti yang telah dituntunkan kepada kalian dan agar kalian semua bersyukur.”  Dan sikap hati kita kepada Allah pada saat kita me­ngu­man­dang­kan Takbir, Tahmid, dan Tasbih. Sehi­ngga pelajaran besar yang bisa kita petik dari ajaran ini adalah, bah­wa Allah ternyata meminta agar kita selalu terhubung online kepada-Nya. Kemudian, jika keadaan kita demikian, adalah mudah sekali bagi Al­lah untuk memudahkan segala urusan hidup kita. Dzi­kir yang direalisasikan dalam berbagai amal ibadah itu oleh Allah lalu diterangkan dalam sebuah hadits Qudsi demikian: “Tidaklah seseorang hamba mendekat kepada-Ku de­ngan sesu­a­tu yang lebih Aku senangi dari apa yang sudah Aku fardlukan kepadanya. Dan ketika dia ma­sih mendekati-Ku deng­an amalan-a­malan sunah, ma­ka Aku menyintainya. Jika Aku me­nyin­tainya, jadilah Aku teli­nga­nya yang deng­annya ia me­ndengar, peng­liha­tan­nya yang dengannya ia melihat, tangan­nya yang dengannya ia memukul, dan kakinya yang de­ngan­nya ia berjalan. Dan ji­ka dia meminta kepada-Ku pastilah Aku me­m­be­rinya.” (Hadits Qudsi, Bukhari, 8/105, no. 6502).
Selain hal tersebut diatas juga di jelaskan tentang  pentingnya rumah tangga yang berbasis Islam yang sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Q.S. At-TahrÄ«m, 66: 6 “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan ba­kar­nya adalah manusia dan bebatuan, penja­ga­nya ma­laikat-malaikat yang kasar, keras, dan ti­dak men­dur­hakai Allah terhadap apa yang dipe­rintahkan-Nya ke­pada mereka dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.
Shalat ID dimulai pukul 07.00 dan berakhir sekitar pukul 08.00. Jama’ah putrid disediakan tempat di lapangan parkir halaman perkantoran SETDA Temanggung dan Jama’ah putra disediakan di halaman parker Graha Bumiphla, Depan Kantor Bupati dan sepanjang jalan masuk Komplek Perkantoran SETDA Temanggung. Dalam pelaksanaan pengaturan lalu lintas dan parkir kendaraan, PHBI dibantu oleh petugas dari Satpol PP Kab. Temanggung dan Polisi dari Polres Temanggung  . Guna membantu jam’ah shalat, PHBI juga menyediakan buku khotbah yang dibagikan gratis yang dibagikan di pintu barat dan pintu timur.

Isi Khotbah lengkap klik disini
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar