Kamis, 23 Agustus 2012

PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H SMP MUHAMMADIYAH 4 KRANGGAN


Dalam rangka mengisi kegiatan pada Bulan Ramadhan 1433 H, sekaligus membina karakter rohani  siswa-siswa, maka SMP Muhammadiyah 4 Kranggan mengadakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat yakni Pesantren Kilat Ramadhan 1433 H. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari berturut-turut, sejak hari Kamis 9 Agustus 2012 sampai hari Sabtu 11 Agustus 2012. Kemudian pada hari terakhir dilanjutkan dengan acara MABIT (Malam Bina Taqwa) hingga hari Ahad pagi. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas VII sampai kelas IX ini mengambil tema: “Dengan Pesantren Ramadhan 1433 H SMP Muhammadiyah 4 Kranggan, Mari Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan”.
Para siswa sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan tersebut. Karena di dalamnya, mereka mendapatkan banyak sekali tambahan ilmu dan pengetahuan keislaman yang jarang bahkan tidak pernah mereka dapatkan di tempat dan waktu lain. Diantaranya adalah pengetahuan secara mendetail tentang tata cara berwudhu dan shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, latihan sekaligus praktek berpidato bahasa Arab dan Indonesia dan ilmu-ilmu lain yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Pada Sabtu sore, sebelum acara buka bersama, mereka mendapatkan santapan rohani dari Pemuda Muhammadiyah Cabang Kranggan. Dan Alhamdulillah, para siswa dengan khusyuk mendengarkan penjelasan demi penjelasan dari Pemuda Muhammadiyah tersebut.
Setelah acara buka bersama, para siswa melaksanakan shalat Maghrib berjama’ah dan sunnah ba’diyah kemudian dilanjutkan dengan makan malam. Ada pula diantara siswa yang memanfaatkan moment tersebut untuk melakukan tadarus al-Qur’an. Setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat Isya’ berjama’ah dan dilanjutkan dengan shalat sunnah ba’diyah. Acara selanjutnya bukan pelaksanaan shalat Tarawih melainkan pembinaan dan kajian menarik dari para pemuda Muhammadiyah. Adapun shalat Tarawih, mereka melaksanakannya pada pukul 02.30 hingga 03.15 pagi dengan harapan agar dalam pelaksanaannya bisa lebih tenang dan khusyuk. Selain itu sebagai upaya mendisiplinkan para siswa agar menghidupkan malam-malam terakhir pada bulan Ramadhan ini dengan ibadah kepada Allah ta’ala dan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat.
Sebelum acara kepulangan, pihak sekolah mengadakan acara bersih-bersih lingkungan sekolah. Sehingga ketika ditinggal liburan selama Ramadhan dan Hari Raya, sekolah tetap terlihat bersih dan nyaman. Dan Alhamdulillah, dengan izin Allah ta’ala kegiatan Peskil Ramadhan 1433 H kali ini berjalan dengan tertib dan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.
Adapun manfaat dari mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan ini, selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih tentang agama Islam,  dan mampu menjalankan amalan-amalan ibadah dengan tertib dan khusyuk juga diharapkan memperoleh banyak pengalaman berharga lainnya. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan, lebih meningkatkan serta memupuk rasa kebersamaan diantara para siswa serta untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama sehingga akan dapat meningkatkan ketaqwaan diantara mereka.  Harapan pihak sekolah SMP Muhammadiyah 4 Kranggan dan Pemuda Muhammadiyah Cabang Kranggan setelah mengikuti pesantren kilat ini adalah para siswa semakin meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah subhaanahu wa ta’ala dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah di dapat selama kegiatan Pesantren Kilat dalam kehidupan mereka sehari-hari. (Abu Sumayyah)
Kontributor : Smp Muh smpmuh4_krg@yahoo.co.id  (www.smpmuh4krg.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar