Selasa, 28 Agustus 2012

Meraih Pahala Ramadhan dengan Kegiatan Extra Manfaat


Ramadhan 1433 H, PHBI RS PKU Muhammadiyah menggelar berbagai acara bermanfaat bernuansa  kesehatan. Kali ini, giliran Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah putra dan putri yang mendapat kesempatan untuk dikunjungi dalam moment kebersamaan ini. Kunjungan kali ini tidak sekedar kunjungan dan memberikan santunan namun juga memberikan ilmu yang sangat bermanfaat sekaligus menguji seberapa jauh ilmu tersebut telah terserap.
Kegiatan terangkum dalam acara bertajuk :  Lomba Penanganan Pertama Pada Kecelakaan . Kegiatan ini bertujuan agar para peserta dapat:
a)     Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan kasus luka Ringan.
b)     Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan kasus patah Tulang.
c) Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan kasus mengevakuasi/memindahkan ketempat yang aman.
d)  Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan kasus menghentikan perdarahan.
e)  Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan kasus tersedak.
f)  Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan kasus mempertahankan jalan nafas.
Lomba  diikuti oleh seluruh anak penghuni PAY Muhammadiyah Putra dan putri. Kegiatan diselenggarakan di PAY putra yang memang memiliki aula yang lebih besar sehingga memadai untuk tempat diselenggarakan acara tersebut. Acara dimulai jam 16.00 dan berakhir saat berbuka. 
Mekanisme lomba diselenggaran setelah melalui tahap awal pengiriman modul Pelatihan P3K dari Tim PHBI RS PKU Muhammadiyah Temanggung untuk dipelajari peserta 2 minggu sebelum acara.  Diklat tersebut disusun oleh bagian diklat RS PKU Muhamamdiyah Temanggung Muh Amin yang sekaligus koordinator acara lomba tersebut.  Pada  hari Senin, 16 Agustus 2012  pelatih datang bersama Tim PHBI untuk memberikan contoh praktik dari kegiatan yang seperti yang dimuat dalam modul tersebut. Selanjutnya peserta mendapatkan materi soal yang berupa cerita dan mereka diharuskan untuk melakukan kegiatan yang paling cocok sebagai jawaban atas soal kasus tersebut. Peserta pelatihanpun kemudian mempraktikkan dengan antusias jawaban soal cerita tersebut. 
  Acara lomba sore itu berakhir setelah beberapa kelompok peserta menunjukkan prestasinya sebagai pemenang dalam lomba P3K. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan untuk baju lebaran anak PAY oleh ketua PHBI Ramadhan 1433 H Imam Rahardjo sejumlah Rp 10.500.000,- yang berasal dari infaq dan zakat karyawan dan sebagian MPKU. 
Semoga semua acara ini bermanfaat bagi semua pihak dunia akhirat.

 Kontributor : Mimin-PHBI/PKU TMG (minsudarno@gmail.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar