Selasa, 23 Oktober 2012

Manusia Masuk Surga bukan karena Amalannya

 PENJELASAN KITAB SYARHUS SUNAH  (Imam Al Barbahari) 
Oleh Bp. Bp. Agus Effendi, M.Ag. 
Disampaikan dalam Kajian Malam Rabu Muhammadiyah Temanggung, tanggal 2 & 9 Oktober 2012

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat tertinggi kepada kita yaitu nikmat iman dan nikmat Islam yang tidak bisa dinominalkan dengan uang. Iman bisa bertambah dan berkurang, bertambahnya iman dengan keta’atan dan berkurangnya iman dengan kemaksiatan. Kita bisa manjadi seorang mu’min dengan iman yang benar hanya dapat ditempuh dengan satu jalan, yaitu ilmu (belajar).
 
PASAL 65 

65.  Ketahuilah bahwa tidak seorangpun masuk Surga kecuali dengan rahmat Allah , dan tidaklah  menyiksa seorangpun melainkan karena dosa-dosanya. Jika seandainya Allah menyiksa semua penghuni langit dan bumi baik yang shalih atau yang buruk, maka ia telah menyiksa mereka tanpa dzalim kepada mereka, tidak bisa dikatakan Allah berlaku dzalim. Sebab seorang bisa disebut dzalim bila mengambil sesuatu yang bukan menjadi miliknya sementara semua makhluk dan putusan menjadi milik-Nya, makhluk yang ada adalah makhluk-Nya dan kampung dunia adalah kepunyaan-Nya, Ia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat bahkan merekalah yang akan ditanya, maka tidak boleh ditanyakan kepada Allah kenapa dan bagaimana? Tidak ada seorangpun yang mampu mempengaruhi antara hubungan Allah dengan makhluk-Nya.
 
Rasulullah bersabda : “  Hendaklah kalian  bersungguh-sungguh, bersahajalah dalam setiap tindakan, dan berilah kabar gembira karena sesungguhnya seseorang tidak akan masuk surga karena amalannya.”  Mereka berkata : “ Tidak juga engkau ya  Rasulullah  ?”.  Rasulullah menjawab : “  Tidak juga aku,  hanya saja Allah SWT telah memenuhi  rahmat kepadaku, dan ketahuilah oleh kalian bahwasannya amal yang paling disukai oleh Allah adalah  yang terus menerus dikerjakan walau sedikit.” Hadist riwayar Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah. Rasulullah juga bersabda : “Tidak akan masuk surga salah seorang dari kalian karena amalannya dan tidak pula diselamatkan dari neraka begitupula aku kecuali rahmat Allah SWT.” Hadist riwayat Muslim dari Jabir ra.
 
Kajian Lengkap Klik Disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar