Selasa, 30 Oktober 2012

Sholat Idul Adha 1433 H di Halaman Setda Kab. Temanggung

Pada tanggal 26 Oktober 2012 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung menyelenggarakan sholat Idhul Adha 1433 H atau bertepatan dengan tanggal 26 Oktober 2012 di Halaman SETDA Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Muhammadiyah Temanggung. Guna memperlancar kegiatan tersebut PHBI Muhammadiyah Temanggung telah mempersiapkan satu bulan sebelumnya, mulai dari mencari imam dan khatib, perijinan tempat kepada Bupati Temanggung, pemberitahuan ke masyarakat lewat selebaran dan spanduk, peminjaman tempat untuk parkir di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Temanggung dan Kantor Gedung Juang 45, mencetak 1.500 buku materi khotbah, serta koordinasi keamanan dengan Satpol PP Kab. Temanggung dan Kepolisian Resort Temanggung. Sedangkan untuk persiapan tempat dilakukan pada hari Kamis 25 Oktober 2012 mulai jam 15.30 hingga 21.00, yang meliputi persiapan mimbar khatib, penataan sound sistem, penataan shof dan alas untuk sholat, penataan kotak infaq serta pemasangan spanduk-spanduk yang berisi anjuran untuk ketertiban sholat. Menurut Ketua PHBI Bp. Muhammad Kastolani, dalam persiapan Idhul Adha ini dilaksanakan oleh pengurus PHBI yang berjumlah 30 orang dan dibantu oleh anak - anak dari PAY Muhammadiyah Putra Kertosari dan PAY Muhammadiyah Putri Kowangan Temanggung.
Sebagai imam dan khatib dalam shalat ini adalah Bp. Muhammad Tohirin, M.Ag. yang merupakan Wakil Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Beliau mengambil tema “Meneladani Karakter Nabi Ibrahim Alaihi Salaam” yaitu tentang kisah nabi Ibrahim as. yang bisa kita ambil pelajaran, untuk kemudian kita jadikan teladan dalam kehidupan ini dengan mengupas QS. Al-Mumtahanah: 4,
Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya Kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, Kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara Kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. kecuali Perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan Kami hanya kepada Engkaulah Kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah Kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah Kami kembali." (QS. AL-Mumtahanah:4)
Diantara pelajaran dari karakter kepribadian yang ideal yang bisa kita ambil dalam kesempatan ini adalah bahwa beliau :
  1. Lembut hatinya (la’awah), yaitu meneladani Ibrahim as yaitu dengan kelembutan hati yang dapat menyejukkan, ibarat hujan pertama di musim kemarau dan embun di pagi hari seperti dalam QS. At-Taubah: 114.
  2. Penyantun (khaliimun) , yaitu sifat santun nabi Ibrahim as. Yang dijelaskan dalam QS. Huud:75
  3. Kembali kepada Allah SWT (muniibun), yaitu selalu sadar dan bersegera kembali kepada sang Khaliq seperti dijelaskan dalam QS. Huud:75.
  4. Patuh (qanitan), yaitu untuk menjadi pemimpin yang dapat dijadikan teladan yang selalu berpegang teguh kepada kebenaran, baik sebagai pemimpin dalam keluarga atau yang lebih luas sebagai pemimpin dalam masyarakat dijelaskan dalam QS. An Nahl :120.
  5. Hanif , yaitu lurus dalam jalan kebenaran dan selalu berpegang teguh kepada kebenaran dan tak pernah meninggalkannya. Kebenaran tersebut meliputi : Benar perkataan, Benar Pergaulan, Benar kemauan dan Benar Janji. Seperti firman Allah dalam QS. An Nahl :120.
  6. Pandai Bersyukur (syakiron) yaitu kewajiban seorang muslim adalah untuk segera mensyukuri segala nikmat baik yang bersifat ruhani maupun jasmani. Bersyukurnya manusia bukan untuk Allah SWT tapi untuk dirinya sendiri, seperti dalam QS. Luqman:12
  7. Membenarkan semua yang datang dari Allah SWT (shodiqan) yaitu seorang yang amat cepat membenarkan semua hal yang ghaib yang datang dari Allah SWT seperti dalam QS. Maryam: 41.

    Materi Khutbah bisa klik disini
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar