Sabtu, 06 Oktober 2012

TAFSIR SURAT AL HASYR (59) AYAT 10-12

Penjelasan Kitab :
Tafsir Al ‘Usyril Akhir Minal Qur’anil Karim Min Kitab Zubdatit Tafsir (Tafsir dari 3 Juz terakhir
dalam Al Qur’an), Penulis Al Syaikh Doktor Muhammad Bin Sulaiman Al Asyqor, terbitan Saudi Arabia
(www.tafseer.info)
Oleh Bp. H. Drs. Asy’ari Muhadi. MA
(disampaikan dalam Kajian Malam Rabu Muhammadiyah Temanggung, 18 September 2012).

AYAT 10
10. Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa:
"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan Saudara-saudara kami yang Telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orangorangyang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi MahaPenyayang."
Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor),Dan mereka itu orang orang yang mengikuti jejak Nabi dan para sahabat yaitu mereka mengikuti hal-hal yang baik dari orang- orang Mujahirin dan anshor sampai hari kiamat.
Penejelasan:
Generasi yang baik itu adalah Salafus Sholih yaitu generasi Nabi Muhammad, generasi para sahabat , generasi tabi’in dan generasi tabi’in tabi’in. Rasulullah bersabda : “Sebaik-baiknyakamu adalah orang yang hidup bersamaku, kemudian generasi yang datang sesudahnya,kemudian generasi sesudahnya. Sesudah itu akan terjadi fitnah yang sangat banyak, maka berpeganglah kepada Al Qur’an, dan Sunnahku, serta sunnah khulafaurhasidin yang mendapat petunjuk. Hendaklah kamu gigit dengan gigi gerahammu.”
Salafus Sholih dalam perkembangannya disebut ahlul sunnah yaitu orang yang melakukan amalan dan ibadah sesuai dengan tuntunan Rasululah dan sahabatnya. Meskipun seorang diri didaerah terpencil, tetapi mengikuti sunnah Nabi, maka bisa disebut ahlul sunnah. 


KAJIAN LENGKAP BISA KLIK DISINI

1 komentar:

  1. Dan orang-orang yg datang sesudah mereka, mereka berdoa Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan dosa saudara-saudara kami yg telah mendahului kami (wafat) dalam keadaan iman... Al-hasyr:10 menunjukkan bahwa mendoakan sesama muslim yg telah mendahului kita (wafat) itu di contohkan dalam alqur'an...

    BalasHapus