Jumat, 13 April 2012

Bimbingan Haji dengan KBIH Ar-Roudloh


 Sejak tanggal 24 Desember 2012, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ar-Roudloh yang bernaung di bawah Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah Temanggung , memulai kegiatan bimbingan untuk Jama’ah Calon Haji tahun 2012. Pada awalnya bimbingan dilakukan di PAY M Putra Kertosari Temanggung, karena jumlah peserta bimbingan yang banyak, maka bulan Januari 2012 lokasi bimbingan di Aula SMK Muhammadiyah I Temanggung Jl. Dr. Sutomo 228.
Perkembangan pesat dari peserta KBIH Ar-Roudloh dapat dilihat dari makin bertambahnya peserta bimbingan :
Tahun 2007 Jumlah peserta 22 orang
Tahun 2008 Jumlah peserta 73 orang
Tahun 2009 Jumlah peserta 125 orang
Tahun 2010 Jumlah peserta 160 orang
Tahun 2011 Jumlah peserta 93 orang
Tahun 2012 Jumlah peserta 203 orang
Satu paket bimbingan terdiri dari 28 pertemuan yang dilaksanakan selama 9 bulan mulai dari materi peningkatan akhlaq dan tauhid, Ilmu Manasik dan doa, Kesehatan, Pengetahuan tentang penginapan dan Transportasi, Pengenalan Perlengkapan Ibadah Haji, Pengenalan Kota Mekkah dan Madinah, Praktek Manasik Haji dan Pendampingan Persiapan Keberangkatan. Adapun pembicara dalam bimbungan antara lain H. Imam Supardi.S.Ag, Agus Efendi,M.Ag, Drs. H.Asy’ari Muhadi, H. Mu’tasim,Lc., Drs. H. Makmun Pitoyo,M.Pd. dan lainnya. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada peserta bimbingan, dalam pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi dari KBIH Ar-Roudloh menyediakan pembimbing utama yaitu H. Mu’tasim,Lc. yang usia masih muda dan alumni sekaloh dari Madinah, serta didampingi pembimbing pendamping satu orang dari KBHI Ar-Roudloh dan satu orang dari Pengurus Muhammadiyah. Selain itu juga dibantu oleh ketua-ketua regu yang ditunjuk.
 Perlengkapan Haji disediaan dilokasi bimbingan
Pelaksanaan bimbingan dilaksanakan menurut jadwal yang sudah disosialisasikan pada hari Sabtu pukul 13.00 -15.30 untuk materi teori dan pengetahaun, serta hari Ahad jam 7.30 untuk materi praktek di halaman MAN Temanggung.
KBHI Ar-Roudloh bekerjasama dengan Majelis Ekonomi PD ‘Aisyiyah Temanggung meningkatkan pelayanan kepada peserta bimbingan dengan penyediaan perlengkapan ibadah haji dan penyediaan oleh - oleh haji yang selalu dibuka dilokasi bimbingan .
Pada bimbingan haji pada hari Sabtu tanggal 7 April 2012, sebabagi pemateri adalah Drs. H. Makmun Pitoyo,M.Pd. yang membawakan materi Permasalahan Seputar Haji. Dalam pemaparannya Drs. H. Makmun Pitoyo,M.Pd menampilkan foto satelit ukuran besar dan jelas guna menjelaskan rute ibadah haji ,tempat pemondokan/hotel dan pengenalan kota Mekkah dan Madinah.
 
 Bp. Drs. H. Makmun Pitoyo, M.Pd. memberi penjelasan tentang Kota Makkah dengan foto setelit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar