Minggu, 22 April 2012

PELATIHAN MOTIVASI “ CHANGE OF MOVEMENT”




Pada tanggal 20 April 2012, bertempat di Graha Bumipala Komplek Setda Temanggung, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mengadakan Pelatihan “Change of Movement” yang di pandu oleh Prof.DR.Eng. Imam Robandi yang menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Prof.Dr.Eng. Imam Robandi mempunyai spesialis “mengobrak-abrik” pemikiran pengelolaan amal usaha Muhammadiyah, dalam rangka membangun pengelolaan amal usaha pendidikan Muhammadiyah yang Unggul dan Islami. Beberapa kemajuan yang diraih oleh amal usaha pendidikan Jawa Timur adalah wujud nyata peranan Prof.Dr.Eng. Imam Robandi.
Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 600 orang guru di perguruan Muhammadiyah Temanggung,. Selain itu hadir juga rombongan dari SD Muhammadiyah Salatiga, SD Muhammadiyah Gunungpring Magelang, Pondok Pesantren Patean Kendal, SD Muhammadiyah Kebumen dan SD Muhammadiyah Wonosobo. Dalam sambutannya, Drs. H. Makmun Pitoyo,M.Ag. selaku PDM Temanggung menyatakan , bahwa setelah diadakan seminar ini diharapkan akan ada perubahan pengelolaan amal usaha pendidikan Muhammadiyah sehingga bisa melayani umat dengan lebih baik.
 
Dalam paparannya Prof.Dr.Eng. Imam Robandi memberikan contoh-contoh dari pengalaman pribadi yang dikemas dalam judul MINDSET EVOLUTION ,Melangkah denganTidak Biasa, yang mengungkap data empiris tentang pengelolaan amal usaha pendidikan Muhammadiyah yang cenderung stagnan yang banyak menghabiskan energi untuk permasalahan pengangkatan Kepala Sekolah , tanah sekolah yang bukan atas nama Muhammadiyah, Image Building (kondisi gedung sekolah) yang kurang menyenangkan, nama sekolah, bukan Muhammadiyah , Sekolah berjalan sendiri-sendiri, pengurus tidak bekerja/mengurus , Sekolah dan Pengurus tidak Sinkron dan banyak berdebat tentang Qoidah . Dari kondisi ini ditawarkan solusi yaitu “ I’m going to change the world and this is my plan, sebuah tema perubahan yang di beri ilustrasi contoh inspiratif dan kata kunci : “Sampai Kapan Akan Menjadi Penonton Kesuksesan Sekolah Lain” , “Kemauan Adalah Bukan Bakat “, dan “Cita-Cita Adalah Gratis “.
 
 Selain pelatihan “Change of Movement”, kegiatan ini juga diadakan deklarasi Ikatan Guru Muhammadiyah (IGM) Kabupaten Temanggung yang merupakan organisasi yang pertama di Jawa Tengah. Adapun pengurus IGM adalah Ketua : Nurudin, Sekretaris : Samsul,S.Pd., Bendahara : Rubiah Dessi Kuniawati, Amd., Bidang Pengembangan SDM : Mukhlas, S.Ag., Bidang Advokasi : Bejo Tursiyam,SE., Bidang Kaderisasi : Mukharom, S.Ag., Bidang Profesi : Jupri,S.Pd., Anggota : JS. Wulansari,S.Pd., dan Rahmad Witono, S.Pd.I. Dengan adanya IGM diharapkan adanya wadah bagi guru di lingkungan perguruan Muhammadiyah dalam memperjuangkan peningkatan mutu dan hak kesejahteraannya.
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar