Minggu, 25 November 2012

Dhulhijjah Semangat di RS PKU Muhammadiyah Temanggung

Dhulhijjah 1433 H dipenuhi beberapa acara yang diharapkan membawa angin segar perubahan yang nyata di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Diawali serangkaian acara yang dimaksudkan untuk peningkatan kualitas SDM yaitu apel milad dan akreditasi RS PKU Muhammadiyah Temanggung yang ke 23 bertepatan dengan 12 Oktober 2012.
Apel diselenggakan di parkir timur RS PKU Muhammadiyah Temanggung dihadiri oleh seluruh karyawan, manajemen dan MPKU. Selain ditujukan sebagai sebuah sarana silaturrahim seluruh civitas hospitalia, acara ini juga kental muatan motivasi untuk meningkatkan patient safety (keamanan pasien) dan peningkatan kualitas layanan. Direktur memberikan beberapa pengarahan terkait kunci-kunci keamanan layanan dan mengajak semua yang hadir untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar sesuai kaidah WHO. Cara paling sederhana untuk mencegah penularan penyakit.
Bp Chozin Chularyo selaku ketua MPKU memberikan pesan agar seluruh karyawan memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh pasien yang berkunjung ke RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Beliau juga menyampaikan pesan ucapan terima kasih dari salah seorang tokoh MUI yang sempat sakit dan dirawat di RS PKU Muhammadiyah Temanggung dengan merasa puas. Hal ini diharapkan menjadi motivasi agar ke depan peningkatan kualitas layanan dapat terus dilakukan. 
Acara kedua adalah Iedul Adha di lingkungan RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Pelaksanaan sholat Iedul Adha diselenggarakan di lapangan parkir RS PKU Muhammadiyah Temanggung dihadiri warga sekitar dan karyawan RS PKU Muhammadiyah. Kali ini RS PKU Muhammadiyah Temanggung menyembelih 2 ekor sapi. 
PHBI (Panitia Hari Besar Islam) melibatkan karyawan dari masing-masing unit sehingga nampak syiar dan kebersamaan di lingkungan RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Daging yang dihasilkan kemudian dibagikan pada seluruh karyawan, para shohibul qurban serta desa-desa yang membutuhkan.
Acara berikutnya adalah acara yang masih dirangkaikan dengan kegiatan akreditasi dan menggunakan moment milad RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan berusaha mengakrabkan karyawan dalam kelompok-kelompok . Pelaksanaan kegiatan di luar ruangan ini diawali dengan praktik cuci tangan (Hand Hygiene), simulasi mengatasi kebakaran dengan pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan evakuasi pasien. Kemudian dilanjutkan dengan outbound di area seputar rumah sakit dan persawahan radius 500 meter di sekitarnya. Sebuah kegiatan yang cukup sederhana namun membawa pengaruh kebersamaan dan semangat yang luar biasa. Insyaallah membuat semua yang terlibat merasakan suntikan semangat untuk memberikan pelayanan dengan jauh lebih baik di hari-hari sesudahnya.Semoga…
Sumber : Mimin-RS PKU Muh TMG( min adadiyah:  minsudarno@gmail.com )
 

 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar