Jumat, 16 November 2012

RAPAT KERJA LAZISMU TEMANGGUNG

Dalam rangka memperkuat gerakan sadar zakat dan peningkatan kualitas pengelolaan amil zakat, LAZISMU Temanggung pada tanggal 11 Nopember 2012 mengadakan Rapat Kerja Daerah Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Rakerda LAZISMU) di Aula SMK Muhammadiyah I Temanggung. Selain itu, kegiatan Rakerda LAZISMU juga dimaksudkan untuk menata keorganisasian LAZISMU di tingkat daerah dan tingkat Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di Kabupaten Temanggung , sehingga kedepan LAZISMU Temanggung dapat menjadi lembaga pengelola zakat, infaq dan shadaqah yang terpercaya dan dapat memberi manfaat bagi kemashlahatan umat.
Dalam sambutannya Ketua LAZISMU Temanggung, Bp. Drs. Miftahurroudli menyampaikan perlunya persamaan visi dan sistem dalam pengelolaan ZIS dari tingkat daerah sampai ke cabang bahkan ke ranting Muhammadiyah, sehingga dari pengelolaan ZIS yang handal akan berakibat adanya gerakan zakat di seluruh elemen Muhammadiyah di Temanggung. Acara Rakerda LAZISMU di buka oleh Bp. Badrun Mustofa,S.Pd selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung, yang dalam sambutannya menekankan bahwa LAZISMU Temanggung sekarang tinggal bergerak praktis dilapangan, jangan mempermasalahkan persoalan fiqih zakat, karena hal –hal yang berkaitan dengan hukum zakat seharusnya sudah selesai ditingkat Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Yang hadir dalam Rakerda LAZISMU adalah Anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Ketua PCM se Kabupaten Temanggung, Pengurus LAZISMU Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Temanggung, Kepala Amal Usaha Muhammadiyah dan Majelis Ekonomi. Sebagai motivator dalam acara ini adalah Bp. H. Muslim dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal. Untuk memotivasi peserta rakerda, Bp. H. Muslim memberi contoh pengelolaan zakat di PDM Kendal yang menggunakan tema “TERNYATA ZAKAT ITU HEBAT DAN DAHSYAT” mampu mengumpulkan zakat yang terus meningkat dari tahun ketahun, yaitu :
- Tahun 2008 Zakat terhimpun Rp, 1.360.275.000,- jumlah muzaki 4.862 orang
- Tahun 2009 Zakat terhimpun Rp, 1.704.000.000,- jumlah muzaki 4.994 orang
- Tahun 2010 Zakat terhimpun Rp, 2.008.714.550,- jumlah muzaki 5.243 orang
Tahun 2011 Zakat terhimpun Rp, 2.500.000.000,- jumlah mzaki 5.798 orang
Zakat tersebut terkumpul dari 19 Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Kendal. Hal ini dapat dilakukan karena ada kemauan yang serius untuk menggerakkan LAZISMU dari tingkat daerah sampai tingkat ranting semua ada pengurusnya dan dipilih yang mau bekerja. Dengan zakat terkumpul sebanyak itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendorong kemajuan berdakwah, antara lain :
  1. Menyantuni ribuan dhuafa,
  2. Mengentaskan kaum dhuafa dari mustahik (penerima zakat) hingga tumbuh menjadi muzaqi (pemberi zakat) melalui santunan zakat produktif (diberi pinjaman modal, dibelikan hewan ternak)
  3. Menumbuhkan dan mendorong berdirinya cabang dan ranting baru.
  4. Menyantuni setiap bulan para guru, kiyai/mubaligh dan guru ngaji sekaligus diberikan pembinaan tentang ke-Muhammadiyahan.
  5. Memberi beasiswa pendidikan dari tingkat SD,SLTP,SLTA dan perguruan tinggi
Dalam keterangan lebih lanjut, Bp. H. Muslim menekankan bahwa pengelolaan zakat yang diutamakan bukan jumlah uang / zakat yang terkumpul, tetapi jumlah muzaki yang lebih diutamakan, karena dengan banyaknya dukungan, maka akan menjadi gerakan yang kokoh dan bermanfaat.

Untuk makalah zakat lengkap bisa klik disini

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar