Kamis, 26 Januari 2012

KEPEMIMIMPINAN MENURUT AL QURAN


Oleh Drs. H. Hasyim Affandi (Bupati Temanggung)
Disampaikan dalam Kuliah Subuh Ahad Pagi Muhammadiyah Temanggung, 22 Januari 2012

Al Quran itu kitab untuk umat Islam, yang didalamnya terdapat petunjuk yang universal/ammamah, dan merupakan rahmat Allah kepada alam semesta. Allah juga melengkapi alam ini untuk dapat digunakan oleh manusia sebagai rahmat Allah kepada manusia. Juga Al Quran diberikan kepada manusia sebagai petunjuk bagi manusia sebagai khalifah dibumi. Agama Islam yang di turunkan oleh Allah untuk menciptakan keseimbangan dalam perbuatan manusia, sehingga agama itu diletakkan dihati, sehingga dimana saja sama. Contoh nilai kebaikan tentang menolong orang, dimana saja sama nilainya, tetapi caranya yang berbeda dan itu menggunakan akal.Akal ini menjadikan manusia dalam persimpangan, karena bisa menjadikan manusia itu baik atau buruk. Kitab Al Quran berlaku bagi manusia sampai hari kiamat, sehingga aturannya bersifat umum. Aturan yang khusus / aplikatif dijelaskan oleh Rasullullah.
Allah berfirman dalam Surat Ash Shaff (61) : 4 :

4. Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.
Jadi Allah itu sangat menyukai sesuatu yang teratur dan diatur / terorganisasi. Hal ini dapat dilihat dalam contoh Rasullullah ketika mau melaksanakan sholat yang selalu mengingatkan selalu untuk merapikan dan merapatkan shaf dan mengutamakan sholat jamaah. Organisasi yang berkualitas merupakan organisasi yang memiliki :
  1. Kedekatan (Solid / kohevisitas) antar pemimpin dan anggota sehingga komunikasi berjalan. Seperti dicontohkan oleh Rasullullah ketika memimpin umat Islam di Madinah, mudah ditemui dan diajak berdiskusi.
  2. Ketaatan. Yang membuat organisasi itu semakin kuat jika ada ketaatan tetapi mentaati organisasi tidak boleh melanggar ketaatan kepada Al Quran dan Sunnah.
  3. Mempunyai pemimpin yang dapat memberi petunjuk kedalam keabaikan.
  4. Mempunyai pemimpin yang ilmunya luas dan sehat.
Inti dari kepemimpinan dalam Islam adalah musyawarah dan perdamaian. Ketika sudah menghasilkan kesepakatan, maka wajib ditaati jika tidak bertentangan denga Allah dan Rasullullah. Musyawarah itu mencari kebenaran. Demokrasi mencari suara terbanyak, dan suara terbanyak belum tentu benar. Kualitas akan lebih bermanfaat dari pada kwantitas/jumlah.
Pengumuman :
  1. Untuk menjadi anggota Rukun Takziah Muhammadiyah (RTM) harus mempunyai kartu anggota atau NBM (Nomor Baku Muhammadiyah) dan mendaftar di Pimpinan Ranting Muhammadiyah, dengan biaya administrasi Rp. 5.000,- dan iuran bulanan Rp. 2.000,-. Santunan yang diberikan untuk anggota yang mengalami musibah sebesar Rp. 1.000.000,-.
  2. Infaq masuk Rp. 1.343.000,-
  3. Zakat masuk Rp. 525.000,- dari 6 orang.
  4. Pembicara minggu depan Bp. Drs. Damar Muhzidin dari Magelang.
Dokumentrasi :
Bp. M. Zaeni selaku Ketua Kuliah SUbuh Muhammadiyah Temanggung memberi pengumuman

 Aktivitas pembayaran Zakat , tabungan dan infaq
 Penjualan Buku
 Pengunjung yang di halaman bawah
 Ibu -ibu mempersiapkan transit
 Bursa pagi
 Tenang mendengarkan pembicara
 Pengunjung di barisan belakang
 
 Team pendukung dokumentasi dan presentasi
Pengunjung dibarisan depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar