Kamis, 10 Mei 2012

Praktek Industri Kegiatan Andalan SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang

 
 Dalam rangka menjembatani kesenjangan kebutuhan industri dengan pendidikan di sekolah, SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang mengadakan program wajib bagi siswa, yaitu Praktek Industri (Prakrin). Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 bulan untuk siswa kelas II semester 2 dan berguna untuk menambah keahlian siswa SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang yang terbagi dalam 2 jurusan yaitu Jurusan Persiapan Grafis (Desain Grafis) dan Jurusan Produksi Grafika (Percetakan).
 Untuk tahun 2012 SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang memberangkatkan 32 siswanya untuk Prakrin di beberapa perusahaan di Jogjakarta (PT. Express Offset, CV. Uvindo Grafika, CV. Centra Frafindo), Magelang (CV. Madina), Solo (PT. Widya Duta, PT. Tiga Serangkai) dan Semarang ( PT. Panji Graha). Dalam teknisnya siswa magang diperusahaan tersebut dalam sebuah kelompok antara 4-10 untuk setiap perusahaan dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan jurusan di SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang yaitu Jurusan Persiapan Grafis (Desain Grafis) dan Jurusan Produksi Grafika (Percetakan). Untuk mencari lokasi Prakrin pihak sekolah sudah membuat kerjasama dengan pihak industri. Sedangkan selama Prakrin siswa memperoleh fasilitas setengah (1/2) gaji professional, insentif, pengalaman kerja, sertifikat industry dan banyak yang akhirnya direkrut menjadi karyawan perusahaan.
 
 
 Untuk tahun 2012 sudah ada perusahaan yang menyatakan kesiapannya untuk merekrut lulusan SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang menjadi karyawan antara lain PT. Satria Widya Data Jakarta (penerbit dan percetakan) meminta 10 orang, PT. Grama Surya Jogjakarta meminta 2 orang, PT. Panji Grafika Semarang meminta 2 orang dan Moeroep Cutting Stiker meminta 4 orang. Tingginya permintaan lulusan SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang ini menurut Herry Rusmanto , S.Pd. selaku Pembimbing Prakrin, dikarenakan kemampuan siswa yang sudah sesuai dengan keperluan industri, sehingga lulusan SMK Al Mu’min Muhammadiyah Selopampang sudah siap pakai, sehingga terbukti 90 % lulusan bisa diserap didunia kerja sesuai dengan keahliannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar