Kamis, 10 Mei 2012

Praktek Dakwah Lapangan MA Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak


Praktek Dakwah Lapangan sudah menjadi kurikulum pendidikan di Madrasah Aliyah Al Mu’min Muhammdiyah Tembarak yang berlokasi di Rt. 01/05 Desa Purwodadi Kec. Tembarak Kab. Temanggung. Kegitan ini dilaksanakan oleh anak kelas III setelah Ujian Nasional dan menjadi program syarat kelulusan . Lokasi kegiatan setiap tahun berbeda pernah di Kec. Batur Banjarnegara, Kab. Kendal, Kab. Wonosobo, Kab. Magelang dan Kab. Temanggung
 
 Suasana Penerimaan Tim di MA Muhammadiyah Kepil Wonosobo
Pada tanggal 2 Mei 2012, MA Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak memberangkatkan 28 siswanya yang terdiri dari 16 siswi dan 12 siswa, untuk melaksanakan Praktek Dakwah Lapangan , yang dilaksanakan di Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kepil Kab. Wonosobo. Kegiatan dilaksanakan 2 minggu penuh dengan sistem tinggal dilokasi , yang di fasilitasi oleh PCM Kepil beserta Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) setempat. Siswa yang jumlah 28 tersebut di distribusikan dalam 7 PRM yang ada di bawah PCM Kepil. Kegiatan siswa selama Praktek Dakwah Lapangan adalah mengikuti kegiatan dakwah yang sudah ada seperti membantu mengajar di Madrasah Ibtida’iyah (MI), mengajar di TKA ABA, mengajar di Taman Pendidikan Al Quran (TPQ), mengisi pengajian ranting Muhammadiyah atau ‘Aisyiyah atau bisa juga memunculkan TPQ atau pengajian Remaja yang belum ada.
 
 Tim Praktek Dakwah Lapangan
Sebelum kegiatan Praktek Dakwah Lapangan ini , para siswa sudah dibekali dengan kegiatan Pra Praktek Dakwah Lapangan yang dilakukan pada bulan Ramadhan sebelumnya selama 2 minggu di lingkungan PCM Tembarak dengan materi yang sama. Sehingga di kegiatan yang sesungguhnya siswa tidak banyak menghadapi kedala dengan masyarakat atau teknis dakwah dilokasi. Sebagai usaha meningkatkan kegitan Praktek Dakwah Lapangan ini dari MA Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak membentuk Tim Monitoring yang terdiri dari 7 orang dan melakukan monitoring ke lapangan pada tanggal 10 Mei 2012. Tim ini nantinya memantau perkembangan kegiatan siswa, membantu jika ada kendala teknis atau non teknis sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat.
Menurut drs. H. Makmun Pitoyo, MA, selaku Kepala Sekolah MA Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak, sampai saat ini belum menemukan hambatan yang berarti, semua permasalahan masih bisa diatasi, hanya yang belum bisa adalah melayani permintaan beberapa daerah dapat dijadikan lokasi Praktek Dakwah Lapangan, karena merasakan manfaat yang diperoleh.
 
 
 Kegiatan beladiri silat Perguruan Tapak Suci
Selain kegiatan diatas MA Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak yang merupakan salah satu lembaga yang ada dalam asuhan Pondok Pesantren Al Mu’min Tembarak, juga memajukan beberapa bidang kegiatan siswa. Salah satu prestasi yang terbaru yang diperoleh Muhammad Isa Anshori (kelas 11 IPA) adalah Juara I kelas H dalam kejuaran Pencak Silat IPSI Temanggung tanggal 5-8 April di Temanggung dan berhasil menjadi Juara I kelas H dalam Kejuaraan Pencak Silat IPSI tingkat Karisedenan Kedu pada tanggal 19-22 April 2012 di Kebumen , dan mewakili Karisedenan Kedu dalam Kejuaraan Pencak Silat di Propinsi Jawa Tengah. Prestasi lainnya diperoleh Asma’ Fadilla (kelas 11 IPA) sebagai Juara I Tahfid (hafalan) Al Qur’an 5 juz tingkat Kab. Temanggung.



8 komentar:

  1. Subhanallah, pondok di temanggung ya?
    terus bergerak, cetak generasi penerus da'wah islam...!!!

    BalasHapus
  2. Perlu Ekspos (tabligh) keluar dong... banyak yang belum tahu.... terimakasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih publikasinya semoga menjadikan lebih baik lagi

    BalasHapus
  4. Terima kasih, kalau kami dari unit MTs Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak Temanggung

    BalasHapus
  5. Terima kasih, Kalau kami dari unit MTs Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak Temanggung

    BalasHapus
  6. wah apik tenan, kudu bilang WAW ki !

    BalasHapus
  7. njaki ra ketok, misake tenan, mbok di aplodke mas kholis....

    BalasHapus